Jumat, 16 November 2018

Tata Cara Pemasangan dan Pengetesan ATS Genset type ATS-5500WGS+

Sebelum ATS dipasang ke jaringan anda harus mengetesnya terlebih dahulu diluar Jaringan PLN agar tidak menggangu kegiatan lain yang menggunakan listrik. Setelah ATS berjalan normal sebagaimana mestinya baru dihubungkan ke Jaringan. Pengetesan ini berlaku untuk ATS Genset seri ATS-5500 dan seri ATS-11000.

 
 
Hal-hal yang harus disiapkan dan dilakukan adalah : 
  • Sediakan steker listrik dan kabel secukupnya kemudian hubungkan ke pin terminal PLN pin nomor 11 dan 12
  • Sediakan lampu penerangan dan kabel secukupnya kemudian hubungkan ke terminal BEBAN pin nomor 9 dan10
  • Hubungkan listrik dari genset ke terminal GENSET pin nomor 7 dan 8
  • Pindahkan dulu Sakelar AUTO/MANUAL ke MANUAL 
Langkah selanjutnya lepaskan soket dari kunci starter dan ukur pin dari kunci starter dengan Avometer pada setiap posisi ketika OFF, ketika ON dan ketika START 
  • Ketika OFF kabel mana yang tersambung kemudian hubungkan ke pin GENSET OFF pin terminal nomor 3,4 
  • Ketika ON biasanya netral ga ada kabel yang tersambung terkecuali genset type tertentu. 
  • Ketika START kabel mana yang tersambung kemudian sambungkan ke pin STARTER pin terminal nomor 1,2
Kalau sudah diketahui hubungan kabel starter ke mesin genset maka kabel yang terhubung ke kunci starter harus dilepas karena fungsi dari kunci starter akan digantikan dengan ATS, kalau masih terhubung ke kunci starter maka ATS tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Setelah hubungan kabel ke kunci starter diketahui langkah selanjutnya :
  • Sambungkan kabel AKI ke pin ACCU, pin terminal nomor 5 dan 6 dan perhatikan polaritas tegangannya jangan sampai terbalik.
  • Setelah AKI terpasang dengan benar maka Voltmeter DC yang ada didalam panel akan menyala dan menunjukkan besar tegangan AKI
Untuk genset yang harus memakai CHOKE anda harus menyiapkan Central Lock kemudian hubungkan kabelnya ke pin Central Lock (kabel hijau ke (+) dan kabel biru ke (-) silahkan lihat Cara memasang Central Lock Auto Choke pada mesin Genset. 
  • Setelah terpasang semuanya, Sambungkan colokan/steker ke listrik PLN maka lampu sebagai beban akan menyala. 
  • Kemudian pindahkan sakelar ke AUTO dan coba cabut steker sebagai tanda listrik PLN sedang mati dan genset akan melakukan starter secara otomatis. 
  • Setelah starter berhasil menghidupkan genset, 20 detik kemudian listrik dari Genset akan tersambung ke BEBAN dengan ditandai lampu menyala. 
  • Kemudian Colokkan lagi steker sebagai tanda Listrik PLN kembali menyala dan otomatis genset akan mati dan saluran listrik akan berpindah kembali ke PLN. 

Pin Terminal ATS
TEST SAKELAR AUTO-MANUAL
Colokkan steker listrik ke PLN dan pindahkan sakelar ke Manual dan cabut kembali stekernya sebagai tanda listrik PLN mati hasilnya genset tidak akan menyala atau melakukan starter sendiri dan untuk starter dilakukan secara manual dengan menekan tombol START warna hijau sampai berhasil hidup dan untuk mematikannya tekan tombol STOP warna merah ditahan sampai mesin genset mati. Sakelar ini berguna ketika suatu saat rumah atau tempat yang kita pasang genset ditinggal lama atau tidak digunakan sehingga tidak memerlukan listrik cadangan agar menghemat bahan bakar. Sakelar ini juga berguna ketika mengetes ATS agar tidak otomatis starter ketika AKI baru dipasang.

TEST SAKELAR MAINTENANCE (UNTUK PEMELIHARAAN GENSET) 
Untuk mencoba sakelar AUTO/TEST colokkan listrik ke PLN kemudian pindahkan sakelar ke TEST-MAIN dan Genset akan langsung starter dan untuk mematikannya tinggal pindahkan lagi sakelarnya ke AUTO-NORMAL.Sakelar ini berfungsi untuk memanaskan genset secara rutin agar genset selalu dalam kondisi prima. Hal ini dilakukan sebaiknya seminggu sekali selama minimal 15 menit s/d 30 menit.

Demikian Tata Cara pemasangan dan pengetesan ATS type ATS-5500WGS+ semoga bahasan ini bisa bermanfaat dan membantu anda dalam pemasangan ATS yang benar sebagaimana mestinya.
Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar