Kamis, 15 November 2018

ATS GENSET dan Kegunaannya

ATS GENSET adalah alat atau mesin elektronik yang berfungsi untuk memindahkan saluran listrik dari PLN ke sumber listrik Genset atau sebaliknya ketika PLN hidup kembali maka saluran listrik akan berpindah kembali dari genset ke PLN. Sebelum memakai alat ini mungkin anda akan kerepotan ketika mati listrik maka anda harus menyalakan genset, mematikan mcb dulu, mencolokkan listrik genset ke saluran rumah dan setelah PLN hidup kembali maka anda harus mematikan genset mencabut colokkan setrum dari genset dan menyalakkan mcb kembali. Dengan ATS GENSET anda hanya duduk manis saja ketika PLN mati dan hidup kembali tanpa harus repot mengatur perpindahan saluran dan mengoperasikan genset.

ATS GENSET


Kegunaan ATS GENSET

ATS Genset akan sangat berguna untuk toko atau perusahaan untuk menunjang kegiatan usahanya apalagi yang menggunakan perangkat komputer sebagai media transaksi atau kegiatan lain yang harus selalu tersedia listrik agar kegiatan usahanya berjalan lancar tidak terganggu dengan matinya listrik. Dengan ATS perpindahan saluran listrik menjadi cepat dan akurat akan sangat terasa perbandingannya ketika perpindahan saluran dilakukan secara manual dan bisa saja ada kesalahan dalam penyambungannya sehingga kegiatan usaha menjadi terganggu.

Jenis ATS Genset

Ada beberapa model atau jenis dari ATS Genset yang dijual di pasaran tergantung dari kebutuhan dan budget juga, semakin tinggi spek dan kapasitas ATS akan semakin mahal harganya. Berikut Jenis atau model dari ATS Genset yang dijual dipasaran:

1. ATS Genset Semi Automatic
Ats ini dikatakan Semi Automatic karena hanya bekerja memindahkan saluran dan mematikan Genset saja belum bisa menyalakan genset secara otomatis. Ats ini bisa digunakan untuk genset manual atau engkol tapi bisa juga untuk genset yang starter namun tetap harus di starter secara manual oleh operator.

2. ATS Genset type ATS AMF
ATS type ini bisa untuk memindahkan saluran listrik dan juga menyalakan genset secara otomatis ketika PLN mati dan mematikan mesin genset ketika PLN hidup kembali. ATS ini bisa digunakan untuk mesin Genset manual dan juga starter, namun untuk genset manual atau engkol tetap saja harus dinyalakan secara manual. Jadi ATS yang type ini harus genset yang model starter kalau ingin menyala secara otomatis.
 
Membeli ATS Genset

Dari 2 jenis Ats diatas ada beberapa macam type, model dan kapasitas tentunya hargapun bervariasi, jadi sebelum membeli anda harus mengetahui ATS yang bagaimana yang sesuai dengan kebutuhan anda dan budget anda karena harga ATS itu bisa jutaan bahkan puluhan juta. Tentunya yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli ATS adalah :

1. Daya listrik di rumah Anda,
2. Jenis dan model Genset yang dimiliki,
3. Kapasitas Genset yang dimiliki

Kalau daya listrik PLN di rumah anda misal cuma 2200 watt atau 2,2KVA maka anda cukup membeli ATS yang berkapasitas maksimal 5500 watt sudah lebih dari cukup. Usahakan kapasitas ATS harus diatas daya PLN yang anda miliki agar komponen ATS terutama kontaktornya bisa tahan lama. Kalau kapasitas ATS di pas kan sesuai daya PLN dikhawatirkan ATS tidak bertahan lama. Dan apabila model Genset anda adalah yang engkol cukup membeli type ats yang semi automatic saja. Karena kalau membeli yang full automatic percuma saja karena tetap harus dinyalakan secara manual namun untuk mematikan masih bisa otomatis.

Demikian informasi mengenai ATS Genset dan kegunaannya semoga bahasan ini bisa bermanfaat untuk anda. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar