Jumat, 16 November 2018

Cara Pemasangan ATS Genset ke Jaringan PLN

Sebelum dipasang ke Jaringan PLN pada bahasan sebeluimnya saya sudah membahas dan menjelaskan bagaimana Cara Pengetesan ATS Genset sebelum dipasang ke Jaringan PLN, maksudnya agar tidak mengganggu kegiatan sehari hari yang menggunakan listrik pada pengoperasiannya terutama kegiatan yang menggunakan peralatan elektronik seperti komputer dan lain-lain. Kali ini saya akan membahas Bagaimana Cara Pemasangan ATS Genset ini pada jaringan PLN.


Berikut ini tahapan yang harus dilakukan untuk memasang ATS Genset pada Jaringan PLN:
  1. Pastikan bahwa Daya PLN yang akan dipasang ATS Genset ini tidak melebihi kapasitas daya dari ATS. Jikalau tegangan PLN lebih dari daya ATS maka dipastikan relay atau kontaktor pada ATS tidak akan bertahan lama bahkan relay bisa hangus. Sebaiknya kalau daya PLN lebih dari daya ATS anda bisa membeli ATS Genset type diatasnya.
  2. Mesin Genset yang akan digunakanpun tidak boleh melebihi kapasitas dari daya ATS.
  3. ATS Genset sebaiknya dipasang di dekat Meteran listrik atau di dekat Sakelar MCB.
  4. Siapkan Kabel yang menuju PLN dan yang menuju ke Saluran Rumah atau Beban dan menuju listrik Genset secukupnya, kabel yang digunakan harus kabel NYM 2x2.5 merk Eterna atau yang sejenisnya apabila daya PLN lebih dari 2200 watt.
  5. Siapkan Juga kabel yang menuju Sakelar Starter Genset bisa menggunakan kabel serabut (type NYAF) ukuran minimal 1.5mm agar lebih kuat dan awet.
  6. Matikan saluran listrik dari PLN atau dari meteran listrik dari sakelar MCB nya sebelum instalasinya dipasang agar tidak tersengat listrik.
  7. Untuk pemasangan kabel diambil antara MCB PLN yang menuju saluran rumah (beban) diputus dan yang dari MCB masuk ke pin ATS *PLN* pin terminal nomor 11,12 dan kabel yang menuju saluran rumah dihubungkan ke *BEBAN* pin terminal  nomor 9,10. Pastikan kabel phase atau positif (yang ada tegangannya atau setrumnya) disambungkan ke kabel yang berwarna merah, dan kabel yang netral (yang tidak ada setrumnya) ke kabel yang berwarna hitam. Untuk memastikannya bisa dicek dengan obeng tespen kalau yang ada setrumnya lampu tespen akan menyala berarti menandakan itu adalah saluran phase atau positif yang ditandai dengan kabel yang berwarna merah.
  8. Pastikan juga kabel Positif (phasa) dari mesin Genset harus masuk ke kabel merah dan yang netral ke kabel hitam.
  9. Untuk pemasangan kabel ke AKI agar tidak langsung starter maka pindahkan dulu posisi sakelar AUTO/MANUAL pada MANUAL baru setelah itu kabel AKI dipasang.
  10. Setelah kabel/instalasi semuanya terpasang dan sudah dipastikan pemasangan kabel sudah benar kemudian coba ON kan sakelar MCB PLN. Kalau pemasangan kabel sudah benar maka listrik di rumah akan menyala dan lampu indikator pada ats yang berwarna hijau dan orange menyala.
  11. Kemudian pindahkan posisi sakelar AUTO/MANUAL ke posisi AUTO
  12. Sekarang coba matikan MCB PLN yang di Meteran sebagai indikasi listrik PLN sedang mati. Mesin genset akan otomatis starter sendiri dan genset hidup namun listrik tidak langsung tersambung ke beban karena ada jeda untuk pemanasan mesin genset dulu hal ini untuk menghindari kerusakan peralatan elektronik karena sumber listrik dari genset belum stabil dan setelah 15 detik listrik akan tersambung ke beban dengan ditandai lampu indikator Orange menyala dan voltage meter menyala.
  13. Kemudian ON kan lagi MCB dari meteran sebagai indikasi saluran PLN kembali hidup dan mesin genset harus otomatis mati dan saluran listrik sudah berpindah kembali ke PLN tanpa jeda.
Pin Terminal ATS
Demikian Cara Pasang ATS pada jaringan PLN semoga bisa membantu anda yang ingin memasang ATS sendiri tanpa bantuan teknisi. Semoga berhasil!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar