Jumat, 07 Desember 2018

Pemasangan ATS Genset pada Genset Bensin Merk OSHIMA HONDA

Kali ini saya akan sharing mengenai pemasangan ATS pada Genset Merk OSHIMA HONDA. Genset ini berbahan bakar Bensin, daya Output 3000 watt seri OH5500CE. Berikut ini penampakan dari Genset OSHIMA HONDA

Genset Honda OH5500CE
Panel Depan
Tampak Belakang
Tampak Atas
Tampak Samping Kanan

Tampak Samping Kiri
Foto foto ini saya dapat dari Konsumen saya yang bernama AGUS di Bogor dan ATS yang dibelinya type ATS-5500WGS+ dan sudah berhasil dipasang dengan sempurna. Untuk memulai pemasangan tentunya yang harus dilakukan adalah mengukur penyambungan kabel pada kunci starter. Untuk mengukur penyambungan ini kunci starter harus dibuka dari soketnya kemudian ukur dengan AVOMETER pada setiap posisi kunci starter. 

Kunci Starter Genset
Posisi Kunci Starter biasanya ada 3 Posisi yakni :
  1. Posisi OFF, posisi ini biasanya posisi paling awal (difoto ditandai panah warna biru), pada posisi ini ada 2bh kabel yang berhubungan yang berfungsi untuk mematikan genset ketika kunci starter pada posisi OFF. Kabel yang terhubung tersebut kemudian hubungkan ke ATS pada pin terminal GENSET OFF nomor 3 dan 4 (posisi bisa terbalik)
  2. Posisi ON, ini adalah posisi kedua atau yang tengah (difoto ditandai dengan panah warna hijau), pada posisi ini pada genset bahan bakar bensin tidak ada kabel yang terhubung.
  3. Posisi START, ini adalah posisi ketiga (difoto ditandai dengan panah warna Orange) gunanya untuk menyalakan genset (Start Genset) dengan memutar kekanan beberapa detik saja sampai genset menyala. Pada posisi ini ada 2bh kabel yang berhubungan, kabel tersebut kemudian hubungkan ke ATS pada pin terminal nomor 1 dan 2 (posisi bisa terbalik)
 Pada Genset OSHIMA HONDA kita lihat kabel ke kunci Starternya berikut penampakannya:

Soket Kabel ke Kunci Starter

Soket Kabel menuju Genset
Foto diatas yang pertama adalah soket kabel yang menuju Kunci Starter Merk Oshima ada 6 buah kabel dan foto kedua adalah foto soket kabel yang menuju mesin genset ada 4 buah kabel, berarti kabel yang digunakan yang akan dihubungkan ke ATS adalah 4 buah kabel, sementara kabel yang berwarna hijau dan biru pada gembar pertama tidak digunakan. 
Pada gambar kedua tersebut yang menuju mesin genset ada 4bh kabel dengan warna berbeda yaitu Putih, Hitam strip putih, Hitam polos, sama kuning strip hijau. Sementara yang kuning polos itu hanya tambahan bukan bawaannya. Kabel Putih dan hitam strip putih itu untuk STARTER dan Kabel Hitam Polos dan Kuning strip hijau untuk GENSET OFF.

Untuk memasangnya pada ATS soket harus dilepas jadi tidak lagi berhubungan dengan kunci starter karena fungsi kunci starter sudah diganti dengan ATS. Kalau tidak dilepas maka ATS tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Baca juga: Cara Mengetes ATS Genset sebelum dipasang ke Jaringan PLN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar